Wednesday 27 November 2013

DANDARA ~Perempuan Tangguh di Balik Kesuksesan ZUMBI~


Zumbi yang namanya besar dalam sejarah pergerakan pembebasan para budak di Brazil juga Afrika ternyata didukung oleh seorang wanita tangguh bernama DANDARA. Perempuan ini membantu Zumbi dalam taktik dan strategi melawan penjajah Portugis.

Dandara terjun berjuang di Palmeras yang disitu ada pula banyak perempuan yang mempraktikan capoeira pada abad ke-17. Janji terkenal Dandara saat itu:

'Saya lebih baik bunuh diri kalau Quilombo dos Palmeras dibumi hanguskan ketimbang menyerah ke penjajah!'

Dandara dikarunia tiga orang anak yaitu Motumbo, Harmodio, dan Aristogiton. Sebagai penghargaan terhadap perjuangan Zumbi, Dandara, dan kepahlawanan orang orang Brazil, tanggal 20 November dirayakan sebagai Hari Nasional Kesadaran Kulit Hitam yang mengingatkan bahaya rasisme.

* Lukisan terlampir karya Jean Baptiste Debret (1768 - 1848) menampilkan perempuan Afrika dari berbagai golongan yang merayakan hari nasional tersebut.

* Afro Brazilia terdiri dari dua grup besar: Afrika Barat dan Bantu. Afrika Barat meliputi Yoruba, Ewe, Fanti-Ashanti, Ga-Adangbe, Igbo, Fon, dan Mandika. Bantu merupakan orang yang dibawa dari Angola, Congo, Zimbabwe dan Mozambique.

No comments:

Post a Comment