Wednesday 9 October 2013

KENAPA saat JOGO musti KONTAK MATA?


Ketika jogo kita sebagai capoeirista diwajibkan untuk terus melakukan kontak mata dengan lawan main. Ini dimaksudkan agar kita selalu fokus mencermati setiap gerakan lawan jogo sehingga refleks kita terasah bagaimana memutuskan langkah selanjutnya ketika roda. Apakah segera melakukan serangan, menunggu, atau diam saja?

Sobat DUNIA CAPOEIRA, sila memberi komentar juga pengalaman Anda dengan kontak mata saat jogo? Sejauh mana manfaatnya bagi kemahiran Anda bercapoeira?

KONTAK MATA sebagai KOMUNIKASI

Kontak mata merupakan alat komunikasi nonverbal paling penting. Hal ini memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan lawan jogo dalam memproyeksikan kesungguhan dan keterbukaan, dan menjaga perhatian kita akan pergerakannya.

Menurut ahli psikologi Linda Hawa Diamond: "Cara, termurah dan paling efektif untuk berhubungan dengan orang lain adalah dengan melihat mata mereka."

Kontak mata dapat memicu berbagai perilaku dan masing-masing memiliki arti tersendiri, dengan tatapan mata anda dapat memicu perkelahian, senyuman, undangan, jatuh cinta dan lainnya. Sejarah peradaban manusia ternyata telah mengembangkan kemampuan komunikasi non verbal seperti pandangan mata.

KONTAK MATA sebagai AKSI MEMBUNUH

Ralph Waldo Emerson salah seorang praktisi ilmu psikis mengatakan: "Mata bisa mengancam seperti pistol berpeluru, atau bisa menghina dan menyakiti seseorang atau mengubah mood seseorang, Jika sudah terlatih ia bisa digunakan untuk membunuh hanya dengan sekali pandang."

Selain itu, kontak mata merupakan cara yang paling ampuh memberikan isyarat pribadi yang sifatnya rahasia dan hanya diketahui oleh pelakunya. Kontak mata menunjukkan keterlibatan pribadi dan menciptakan obligasi intim. Mata memainkan peran sangat penting dalam komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan orang lain.

Jadi mulai sekarang latihlah cara menatap Anda, dan pergunakan pandangan anda sesuai keperluan Anda. 
_____________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA

Latihan rutin   : Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB
(Teknik), Minggu jam 16.00 (Akrobatik)
Tempat             :  Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          :  Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA
 

No comments:

Post a Comment