Thursday 26 September 2013

THEORY of MULTIPLE INTELLIGENCES ~Pengaruh Capoeira terhadap Otak Anak Anak~


Theory of the Multiple Intelligences dikembangkan oleh Psikolog Howard Gardner yang meneliti tentang perkembangan otak manusia. Konsep ini tidak hanya mengenal anatomi psikologis tapi juga bagaimana mencermati proses dan pertukaran informasi dalam otak manusia.

Teori ini mensugestikan tidak hanya pelajaran melejitkan intelijensi pula memperkuatnya melalui latihan dan pengunaannya sehari hari.

CAPOEIRA adalah bentuk yang menakjubkan untuk anak anak dan dewasa dalam meningkatkan intelijensi mereka. Peningkatan intelijensi yang dapat ditopang lewat latihan capoeira adalah sebagai berikut:

1. Body/Kinesthetic Intelligence: Body Smart

Capoeira jenis olahraga fisik yang meregangkan, memperkuat, dan mengolah tubuh kita untuk selalu fit.

2.Verbal/Linguistic Intelligence: Word Smart

Lirik musik dalam capoeira mengisahkan sejarah dan budaya capoeira lewat bahasa Portugis. Ini merangsang pelakunya untuk mengenal budaya lain di luar negerinya.

3.Logical/Mathematical Intelligence: Pattern Smart

Strategi, taktik berupa pertahanan, serangan, dan manuver, merupakan logika matematika yang diterapkan di capoeira. Latihan yang rajin akan membuat pelakunya pintar membaca peta pertahanan dan serangan lawan.

4. Musical/Rhytmic Intelligence: Music Smart

Variasi ritme musik Capoeira sangat banyak dengan instrumen sederhananya yang membuat insting kita berjalan, saraf kita terpancing untuk bersenang terus.

5. Naturalist Intelligence: Environment Smart

Capoeira mengeksplor ide tentang energi lingkungan bernama axe. Nama nama gerakan capoeira seperti "macaco', kera, "meia lua de frente", separuh bulan muka, menunjukkan betapa capoeira terinspirasi oleh jagat raya.

6. Interpersonal Intelligence: People Smart

Aspek sosial dalam capoeira sangat tinggi karena mengajari gaya hidup sederhana yang bersahaja, membangun relasi dan mengembangkannya lewat kegiatan positip. Komunikasi lewat roda antar kota maupun negara membuat capoeirista lihai dalam bersosialisasi.

7. Intrapersonal Intelligence: Self Smart

Capoeira membentuk ruang individu yang peduli terhadap aspek estetika, kemungkinan terus memperbaiki diri, dan mengembangkannya menjadi lebih baik. 
 _____________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA

Latihan rutin   : Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB
(Teknik), Minggu jam 16.00 (Akrobatik)
Tempat             :  Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          :  Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment