Saturday 27 July 2013

8 LANGKAH MANJUR jadi INSTRUKTUR CAPOEIRA

Instruktur capoeira ialah pemimpin (leader). Ia mampu menggerakkan dan mengarahkan timnya ke sebuah kondisi yang memungkinkan seluruh komponen kelas berdaya saing tinggi. Seorang instruktur juga panutan yang mengayomi dan mengajari anggotanya untuk belajar mandiri secara cepat.

Perlu disadari jika menjadi seorang instruktur membutuhkan proses yang panjang disertai ketekunan dan semangat yang ketat. Keberlangsungan dan kesolidan tim adalah tanggungjawabnya.

BAGAIMANA CARA MERINTIS jadi INSTRUKTUR CAPOEIRA?

Uraian berikut memberikan pegangan awal untuk seorang capoeirista dalam mengelola kelas agar berkembang pesat.Ini tidak hanya diprakktikkan di capoeira, namun bisa dilaksanakan pada disiplin olahraga atau aktivitas lain. Simak, ya!

1. Sabar

Instruktur capoeira harus sabar terhadap murid muridnya. Rasa frustasi adalah momok bagi para instruktur yang kurang memiliki kesabaran ekstra. Perlu disadari murid murid capoeira adalah manusia dengan berbagai karakter yang membutuhkan pendekatan khas yang tidak sama satu per satu. Sabar adalah kata kunci utama.


2. Berpikir Seperti Pemula

Tidak cukup hanya dengan bersabar pada murid murid capoeira Anda. Anda musti merasakan sepatu mereka. Ini berarti Anda harus memosisikan diri, berpola pikir, Anda pula sedang belajar. Meskipun ketrampilan bercapoeira Anda sudah mumpuni, letakkan diri Anda seperti murid Anda.

Cobalah mengajari mereka dengan rendah hati seperti dasar filosofi capoeira. Anda harus menyadari dulu kali pertama Anda belajar ginga, quexada, au, seperti mereka. Mungkin saja mereka belum terbiasa, percaya diri yang belum sempurna, atau takut. Arahkan mereka perlahan lahan.


3. Lihat dari Berbagai Sudut Pandang

Hanya karena belajar satu gerakan saja tak menunjukkan Anda hebat pada gerakan lain. Seorang instruktur capoeira butuh pikiran terbuka dengan metode baru dari orang orang disekelilingnya. Inilah yang membuat capoeira dinamis. Olahraga ini sangat fleksibel dan menantang untuk mencari formula gerakan cantik baru.

Terbukalah dengan pendapat atau pertanyaan murid murid Anda. Jangan mematikan ide mereka!

4. Berikan Perhatian Khusus

Dalam sebuah kelas, pasti ada hal hal unik yang akan Anda temui dengan murid murid Anda. Berikan perhatian khusus pada mereka dengan mencermati gerakan unik mereka dan janganlah segan untuk membuat lelucon cerdas.

Misalnya, ada murid Anda yang salah bergerak ginga, mbagong, kasih tip segar tanpa harus meruntuhkan semangat mereka. Guyonan akan membuat cair suasana kelas.

5. Punya Target

Kelas tanpa target bisa dikatakan kuburan. Seorang instruktur harus tahu apa yang ia pikir dan lakukan untuk kemajuan kelas. Ia peka melihat kemampuan murid muridnya, mengarahkan ke mana kelas akan maju. Target sangat penting karena itulah bara yang mengobarkan semangat Anda dan kelas.

6. Mengajak Murid Murid untuk Roda Keluar dari Kelas

Teknik hebat namun mental tidak terpoles bisa dikatakan hambar. Seorang instruktur harus memupuk keberanian murid muridnya untuk berani roda di luar gruponya. Karena dengan bertemunya gaya gaya dari berbagai grupo akan mengembangkan kemampuan murid muridnya.

7. Jangan Pernah Puas

Jika Anda sudah puas dengan kemampuan Anda itulah letak berhentinya Anda pada capoeira. Kesombongan akan perlahan membusukkan karakter Anda. Bersikaplah rendah hati dan terus belajar karena semakin Anda tekun berlatih akan merasakan makna penting capoeira.

8. Bergembiralah

Seorang instruktur harus mampu menyalurkan energi kegembiraan pada murid muridnya. Jika instruktur masuk kelas dalam busana kusut dengan muka kesal, kelas akan sama situasinya. Pandai pandailah mengeset kelas sehingga aura gembira ada dan terpupuk yang membuat murid murid Anda kembali lagi di kelas.


Redaksi sudah memberi delapan tip menjadi seorang instruktur yang keren! Bagaimana pendapat Anda, Sobat Satu Capoeira? Sila memberi komentar, ya. Obrigado!

_______________________________
'Capoeirista ialah seorang atlet, seniman, sekaligus penulis puisi.'~Jorge Amado, penulis Brazil.

DUNIA CAPOEIRA merangkum artikel menarik tentang #capoeira dan menyajikan utuh pada Anda semua.

Sumber gambar: camp510.com

No comments:

Post a Comment