Sunday 7 July 2013

MESTRA EDNA: Mestre Perempuan Pertama di Dunia, Pemegang Sabuk Hitam Karate, dan Profesor Dansa




Inilah menariknya capoeira. Selain olahraga seni ini melintasi ras, mengusung semangat perdamaian, capoeira juga menjunjung sportifitas tak memandang jenis kelamin. Lelaki perempuan sama. Ini dibuktikan tidak adanya pembedaan di roda.

Berikut profil Edna Lima, sang mestra pertama di dunia. Semoga menjadi sekadar inspirasi buat capoeirista untuk terus maju. SALVE!

EDNA LIMA

Edna Lima mencintai olahraga sejak kecil. Ia mengenal capoeira saat usia dua belas tahun dan belajar kali pertama dengan pelatihnya Instrutor Dentinho di Brasilia, Brazil. Selama delapan bulan ia menempa fisik dan mentalnya berbekal uang dari orang tuanya secara rahasia karena sebetulnya dana itu buat beli buku. Awalnya ia sembunyi sembunyi namun setelah ibunya tahu ia malah mendapat dukungan total untuk bercapoeira.

Sebagai satu satunya murid perempuan di kelas, Edna mengubah pandangan jika capoeira hanya olahraga 'khusus cowok'. Karir capoeira Edna mulai melesat ketika instrukturnya Dentinho meninggalkan Brazil dan meminta Edna mengambil alih kepelatihan kelas padanya. Ia pun mengajari murid murid. Dua bulan melatih, Edna memutuskan menimba ilmu lebih dan belajar pada Mestre Tabosa dari Capoeira Senzala. Pada 1981, Edna memperoleh cordao vermelha (merah) yang membikin ia capoeirista perempuan pertama di dunia sebagai MESTRA.

Waktu itu Edna berusia 20 tahun dan bermain cerdas. Seluruh Brazil merayakan keberhasilan Edna dan dibuat ternganga oleh kemampuannya. Pertanyaan: 'Siapa mestre cewek itu?!' terjawab sudah saat Edna bermain cantik, liar, namun tetap berstrategi. Semua pun memberi respek tinggi pada Edna.

Sekarang Edna mengajar capoeira di sebuah akademi di Kota New York tempat para mestre lain berkumpul untuk berlatih dan nongkrong. Yang membanggakan lagi, Edna juga meraih gelar Adjunct Proffesor di Dance Department di Universitas Long Island. Selain ciamik di capoeira, Edna juga pemegang 17 gelar internasional karate juga tiga kali meraih medali emas pada Pan America.

 






_____________________________________CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment