Monday 22 July 2013

CEDERA UMUM pada CAPOEIRA: Tip Bagaimana Merawat Cedera Ankle


Salah satu cedera yang umum dialami capoeirista ialah ankle, pergelangan kaki yang terkilir. Pergerakan kaki yang dinamis dalam capoeira tak bisa dibantah akan meningkatkan potensi cedera pergelangan di beberapa titik. Keseleo ini biasa namun jika tidak dirawat akan menimbulkan rasa sakit yang menyebar. Seperti Anda ketahui, sendi tersusun oleh otot otot halus yang dikenal sebagai ligamen. Kaki yang terkilir akan menyebabkan ligamen terluka atau lebih dari itu sobek.

Ada beberapa situasi pada capoeira yang beresiko membikin cedera ankle diantaranya gerak akrobatik cepat, misal twist atau backflip, sehingga kaki membentur keras di lantai atau matras. Ini menyebabkan otot otot ligamen tersentak dan jika tidak kuat akan luka serius. Jika sudah seperti ini, segeralah Anda ke dokter untuk mengecek kondisi kaki Anda.

PRICE adalah singkatan untuk perawatan darurat cedera ankle.

1. P. Protect. Proteksi pergelangan kaki Anda sebelum luka lebih dalam yaitu dengan menggunakannya sesedikit mungkin. Pakai bebat seperti pada gambar terlampir yang bisa didapatkan dari dokter. Atau jika kondisi sudah buruk, pakailah kruk.

2. R. Rest. Istirahat selama 24 jam pertama untuk memastikan ankle Anda berada pada kondisi relaks.

3. I. Ice. Pergunakan es dengan handuk untuk mendinginkan ankle Anda yang terluka.

4. C. Compress. Tekan ankle Anda menggunakan perban atau kain elastik. Tapi jangan terlalu menekan karena akan menyakitkan kaki Anda, merusak sirkulasi darah, dan menyebabkan cedera lebih lanjut.

5. E. Elevate. Tinggikan posisi ankle Anda dari tubuh Anda. Misal Anda duduk di sofa, pastikan ankle setinggi dada Anda.

Langkah selanjutnya membawanya ke doktor untuk perawatan lebih lanjut. Semoga informasi ini membantu kita semua.

_______________________________________________
Sila me-like Fans Page FB "DUNIA CAPOEIRA" dan dapatkan informasi teraktual tentang ‪#‎capoeira‬ dan budaya Brazil juga Nusantara.

_____________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA


No comments:

Post a Comment