Wednesday 17 July 2013

RAHASIA di balik LAGU "Paraná ê"




Filosofi dan sejarah capoeira tertampil dari barisan lagunya. Ini pula berhubungan erat dengan sejarah negeri berkembangnya capoeira; Brazil. Oleh sebab itu, sangatlah penting melakukan riset untuk mengetahui maksud dari lagu lagu capoeira, pesan yang ingin disampaikan si penulis lagu, sekaligus sebagai wahana refleksi kita semua.

Sekarang kita membicarakan tentang isi dari satu lagu capoeira yang paling populer: Parana ê. Mengacu pada perang di Paraguay, namun apakah perang itu?

PERANG PARAGUAY

Terjadi pada 1865 dan berakhir setelah lima tahun. Saat itu, Paraguay satu satunya negara di Amerika Latin yang independen atau bebas tanpa penjajahan dan menggantungkan kehidupan negerinya lewat industri senjata dan bahan peledak. Tanah yang tidak produktif dialihkan menjadi perkebunan negara yang memerkejakan seluruh populasi di negeri itu. Perkembangan ekonomi Paraguay menjadi saingan Inggris. Brazil dan Argentina, di pihak lain, memiliki andil dalam bisnis di Tanah Paraguay.

Konflik pun terjadi pada 24 November 1864 ketika Presiden Paraguay, Solano López, punya masalah dengan Negara Brazil dengan memenjarakan pelaut Brazil, Marques de Olinda, dan menginvasi Negara Bagian Mato Grosso dan Paraná, yang berbatasan dengan Paraguay.

Pada perang itu, tentara Paraguay mengalami kekalahan telak. 75% populasi di negeri itu habis. Inggris mengambil alih kekuasaan di Paraguay dan mendominasi ekonomi di region ini dan Brazil dan Argentina mendapat 140.000 kilometer milik mereka.

BUDAK DAN LAGU PARANAE

Bagaimana dengan para budak? Bagaimana mereka bisa ikut perang?

Orang orang kulit putih secara logika tidak ingin berada di barisan terdepan, sehingga mereka membuat peraturan yang mengharuskan orang orang kulit hitam terjun ke perang dan kembali hidup hidup membawa kemenangan.

Di luar perhitungan penguasa kulit putih, para budak kembali dari peperangan dan mendapatkan kemenangan mereka. Para budak beruntung dan mengucapkan terima kasih pada capoeira. Waktu itu, peperangan satu lawan satu lebih berharga ketimbang dengan senjata. Para budak menang dengan cara itu. Mereka pun bernyanyi di pinggir Sungai Paraná:

***

Vou dizer à minha mulher, Paraná
Capoeira que venceu, Paraná     [Venceu a guerra]
Paraná ê, Paraná ê, Paraná.
Ela quis bater pé firme, Paraná        [Ela = a guerra]
Isso não aconteceu, Paraná…

I will tell my wife, Paraná
That capoeira won [the war], Paraná
Paraná ê, Paraná ê, Paraná.
It [the war] wanted to stamp its foot hard, Paraná
This did not happen, Paraná

Aku akan kasih tahu istriku, Paraná
Capoeira menang (di perang), Paraná
Paraná ê, Paraná ê, Paraná.
(Perang) ingin menguasai tempat ini, Paraná
Itu tak pernah terjadi, Paraná


***

_______________________________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA


No comments:

Post a Comment