Tuesday 2 July 2013

BESOURO: Legenda Capoeira yang Tangguh

Sejak kecil, Manuel Henrique, anak dari Joao Grosso dan Maria Haifa, memelajari teknik capoeira terrahasia di jalanan Santa Amaro da Purificaçao. Gurunya Mestre Alipio. Berapelido Besouro Manganga yang berarti kepik hitam besar, Besouro memiliki fleksibilitas dan kemampuan menghilang cepat pada waktu itu. Kuat, hitam, dan berjiwa petualang, lelaki yang kelak jadi legenda capoeira ini tidak pernah bekerja tetap, ia berubah ubah profesi. Besouro terkenal karena daya supernaturalnya yang hebat.

Besouro sangat revolusioner. Dia tidak menyukai polisi dan bersitegang dengan mereka. Sering sekali Besouro kena hukuman fisik dari jajaran polisi. Namun karena kelihaiannya, justru polisilah yang ia masukkan ke penjara alih alih dirinya sendiri.

Manuel Henrique, Besouro Mangangá, meninggal dunia pada 1924, saat ia masih muda berusia 27 tahun. Ia telah mewariskan ilmu capoeiranya pada murid muridnya; Rafael Alves Franca, Mestre Cobrinha Verde, dan Siri de Mangue.

Besouro sekarang dikenang sebagai simbol capoeira di penjuru Bahia. Ia terkenal karena keperkasaan dan loyalitasnya. Perlawanannya terhadap polisi dan pemilik perkebunan yang memperbudak warga Afrika terus menempel di hati pecinta capoeira dan kemanusiaan.


_____________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment