Sunday 16 June 2013

BATIZADO ~Seremoni Penyambutan Capoeirista nan Megah~

Batizado sangat ditunggu tunggu para capoeirista baru. Upacara pelantikan (bisa disebut pembaptisan) ini biasa dilakukan setahun sekali selama, biasanya, tiga hari diikuti selebrasi, pesta, dan tes oleh Mestre yang berasal dari grupo masing masing. Capoeirista untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan pemimpin grupo mereka dan saling berinteraksi.

Penuh energi dan emosi, pertemuan ini seperti tempat luar biasa yang kontak budaya terjadi. Berbagai karakter berkumpul jadi satu sehingga tukar menukar informasi pun tak terhindarkan lagi. Ini sangat positip!

 

EVOLUSI BATIZADO

Saat batizado ini seorang mestre memberikan nome de guerra (nama perang), an apelido (julukan) berdasarkan karakteristik khas si capoeirista sekaligus cordao (sabuk) pertama berwarna yang tergantung gruponya. Biasanya nama itu merefleksikan realitas si murid dan diambil dari hal hal berkaitan capoeira. Ini berlaku sampai sekarang.

Upacara batizado merupakan kesempatan kita untuk belajar gaya bermain capoeira yang berbeda beda, mencermati permainan mestre, dan menunjukkan kemampuan lain seperti batucada, maculele, atau pertunjukan lain. Batizado bisa juga kesempatan sebuah grupo untuk memperkenalkan dirinya berikut nilai seni dari capoeira.

Jika Sobat Satu Capoeira memiliki pengalaman menarik dengan batizado, sila dibagi ya .... Kita tunggu!


_________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : Danu, 08986642692

BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment