Monday 17 June 2013

GINGA ~Gerak Dasar Ritmik Capoeira~

Ginga menjadi gerakan pokok yang sangat khas dari capoeira. Sangat sedikit seni beladiri yang menerapkan gerakan ritmik yang konstan. Martial arts yang nyaris mirip ialah Taekkyeon yang berasal dari Korea Selatan.

Capoeira yang terdiri dari Angola dan Regional memiliki gerakan yang berbeda. Capoeira Angola cenderung lebih bebas dan individualistik sedangkan Capoeira Regional tampak lebih terstruktur dan bersifat kukuh.

Ginga tak bisa dianggap enteng karena gerakan ini merupakan dasar untuk meneruskan gerakan lain. Di setiap akademi capoeira, aluno atau anggota capoeira, digembleng agar mampu melakukan ginga hingga betul-betul luwes. Oleh karena itu para anggota capoeira dituntut untuk bersabar terus mematangkan gerakan ginga.

Tip untuk Meningkatkan Teknik Ginga

Tekuk kedua lutut untuk menjaga tubuh Anda rendah. Bahu sedikit dibawa ke arah leher sehingga membentuk posisi proteksi. Saat Anda melangkah mundur, pastikan kaki belakang ditekuk. Masing-masing kelompok sangat bervariasi dalam hal ini. Beberapa grupo menjaga kaki mereka kembali lurus sementara yang lain tampak menekuknya. Kami merekomendasikan setidaknya tidak mengunci lutut Anda karena Anda harus siap dengan cepat dan lancar pindah ke gerakan lain. Jangan menekuk tubuh bagian atas Anda ke depan melewati lutut depan, ini akan menyakiti punggung.

Selamat berlatih!


______________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Taman Budaya Yogyakarta (TBY), samping Shopping Book Center
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment