Sunday, 16 June 2013

TIPE LAGU CAPOEIRA

Mestre Acordeon berkata:
"Musik dalam capoeira bagi saya adalah dasar. Itu ruang yang besar. Tanpa musik, kita tidak bisa menyatukan seluruh elemen pada capoeira. Musik menaruh kita di kondisi spesial, memberi kita energi, mentransformasi kita jadi satu kesatuan, menuju selebrasi kegembiraan yang semua peserta saling membaginya."


Tak terbantahkan, capoeira butuh musik. Musik menerangi jalan para capoeirista untuk saling berkomunikasi dalam atau luar roda. Tidak ada musik, nyawa capoeira berkurang bahkan hilang.

Bateria, instrumen musik lengkap pada capoeira, terdiri dari:
- Berimbau
- Atabaque
- Pandeiro
- Agogo
- Reco-reco

Lalu, tahukan Anda tipe lagu capoeira apa saja yang dinyanyikan oleh mestre atau pemimpin roda?

1. Ladainha
Nyanyian solo seorang mestre yang mengomando permainan roda. Biasanya dimulai dengan ucapan 'Ieee ....' sebagai panggilan paling awal untuk ber-roda. Ladainha adalah cerita dari mestre bagi capoeirista yang berisi pengalaman dan kebijaksanaan. Secara normal ladainha diikuti ritme lambat Angola.

2. Louvação
Nyanyian lain untuk Capoeira Angola yang secara tradisional mengiringi ladainha. Pemimpin roda memuji Tuhan dan mengajak capoeirista dengan kalimat: 'Ie, viva meu Deus, camara!' dan seluruh peserta menjawab dengan kalimat yang sama.

3. Corridos
Berbeda dari louvação, corridos dinyanyikan oleh pemimpin roda namun tidak dijawab oleh peserta atau dengan kalimat lain. Pemimpin roda memakai imajinasi terbaiknya berimprovisasi dengan 'pertanyaan' serta memberikan pernyataan yang membangkitkan semangat siapa yang bermain, membuat lelucon, dan mengajak semua untuk bermain.

4. Quadras
Quadras merupakan bagian lagu capoeira yang terdiri dari empat baris. Biasanya menceritakan sejarah capoeira, cerita zaman perbudakan, atau kehidupan para capoeirista.

5. Chulas
Chulas hampir mirip dengan Quadras tapi bagian pemimpin roda lebih banyak. Chulas dan quadras semacam ensiklopedia hidup capoeira yang para pemula tahu informasi tentang keberadaan capoeira di masa lampau dan kini juga Negeri Brazil. Secara khusus, jenis lagu ini mengekspresikan perasaan, pikiran, dan menceritakan kehidupan capoeirista.

Nyanyian akan bernyawa jika pemimpin dan peserta roda menyatu jiwa mereka. Energi, power, dan axe saling mengisi antar mereka. Kata 'memberi (give)' sangat penting di sini.

Redaksi sudah menjelaskan tipe lagu capoeira. Untuk selanjutnya akan dijelaskan ritme nya. Salam!


_________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment