Monday 17 June 2013

MESTRE BIMBA ~Bapak Capoeira Regional~

Sebuah kewajiban buat kita mengenal siapa Mestre Bimba. Benar, ia bapak capoeira gaya regional. Terlahir dengan nama asli 'Manuel dos Reis Machado' pada 1900, ia julukan popularnya Bimba yang berarti penis. Nama ini berasal saat ia dilahirkan ibunya berseru: 'Dia cowok! Lihat penisnya!'

Bimba mengenal capoeira dari usia dua belas tahun lewat seorang kapten kapal Afrika bernama Bentinho. Sejauh Bimba menekuni capoeira, ia menemui masa sulit saat capoeira dinyatakan ilegal karena dipakai para pengangguran berbuat kriminal. Bimba pun memutar otak dan berkreasi mendemonstrasikan seni capoeira baru di hadapan Gubernur Bahia juga Presiden Brazil. Mengejutkan, Bimba justru mendapat restu membuka sekolah resmi capoeira.

Perubahan drastis dilakukan Bimba yang mengangkat pamor capoeira menjadi seni beladiri ke tingkat menengah ke atas. Usaha Bimba mendapat respek banyak warga Brazil. Ia mewajibkan muridnya berseragam bersih berwarna putih dan berlaku sopan di akademi, dan memberi sabuk warna yang menunjukkan tingkat kemahiran mengadopsi seni beladiri Timur.

Di bagian kedua, kita akan tahu aturan apa saja yang diberlakukan Mestre Bimba.

No comments:

Post a Comment