Sunday 16 June 2013

EFEKTIFKAH CAPOEIRA untuk BERTARUNG?


Tak sedikit yang mencibir apakah capoeira dapat dipakai buat membela diri saat terdesak? Sebagai capoeirista, pasti Anda akan mantap berkata iya. Tapi, orang yang belum tahu apa sebetulnya capoeira, mereka akan terus bertanya tanya dan berseru: "Capoeira hanya tarian!"

YA DAN TIDAK?

Ada pandangan berbeda tentang capoeira; permainan, dance, atau fight? Karena capoeira merupakan bentuk seni yang kompleks. Sangat situasional dalam hal ini. Bisa dibilang seni beladiri, dance, persahabatan, bermusik, dan lain sebagainya.

CAPOEIRA SEBAGAI BELADIRI

Olahraga ini punya aspek beladiri beserta aplikasinya. Ada pergerakan dan teknik yang jelas yang memungkinkan seorang pesertanya mampu mempraktikannya saat kondisi terjepit. Pola tendangan dan hindaran sangat ampuh untuk membela diri.

Capoeirista tidak menekan terlebih dahulu sebelum dirinya dimulai untuk melakukan perlawanan. Jika sudah dipancing dan berpotensi melukai, capoeirista menggunakan jenis tendangan bencao, compasso, quesada, pontape cruzado (martelo), chapa, dan lain lain.

Meskipun tendangan capoeirista sangat cepat dan akurat, tidak direkomendasikan untuk memakainya di jalanan. Itu mengurangi esensi seni beladiri capoeira.

Letak kehebatan capoeira adalah kemampuan pelakunya untuk bergerak di seluruh posisi lowong. Seperti seorang petinju, capoeira ibarat gelombang yang menghempas karang. Ginga yang benar dibutuhkan dalam hal ini. Seorang capoeirista dituntut untuk melakukan gerakan unpredictable yang mengecoh lawan sehingga lawan mati tekniknya.

BAGAIMANA DENGAN GERAKAN AKROBATIKNYA?

Ketidakpercayaan para pecinta beladiri memang dari gerakan akrobatik capoeira. Apakah benar ia dibutuhkan jika ada musuh di hadapan kita. Menurut Redaksi, gerakan akrobatik hanya cocok ditampilkan sebagai pertunjukan seni. Tapi jika Anda pernah mempraktikannya saat nyawa Anda dipertaruhkan, tidak menjadi soal.

Jika Anda punya pengalaman tentang hal ini. Sila membaginya ya. Terima kasih.
 

_________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin    : Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB
Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA


No comments:

Post a Comment