Sunday 16 June 2013

RODA ~Ajang Pamer Kedigdayaan atau Persahabatan?~

Tak ada roda, capoeira kehilangan nyawa. Banyak yang menyebut jika hasil latihan tekun capoeira 90% dibentuk saat peserta terjun ke roda. Di situlah mental dipoles sekaligus ajang mempraktikan jurus jurus ketika berlatih di kelas.

Artikel berikut akan menjelaskan roda secara umum. Pasti Anda merasakan petualangan tersendiri yang unik dan tak terlupakan. Sila berbagi cerita tentang roda di kolom komentar, ya. 






RODA, TRADISI RELIGIUS

Roda merupakan tradisi terpenting dalam capoeira. Lingkaran dibentuk melambangkan Bumi oleh para capoerista yang di dalamnya ada dua petarung, jogo istilahnya. Mereka dapat diartikan sebuah aktivitas timbal balik antar manusia. Jogo ialah waktu di antara dua capoerista bekerja, saling berinteraksi, marahan, rekreasi, dan macam macam.

Jangan lupakan musik. Roda dipimpin oleh seorang mestre atau instrutor sengan memainkan berimbau. Pemimpin roda itu ibaratnya Tuhan. Ia mengendalikan semua kegiatan saat roda. Jadi jangan heran jika seorang pemegang berimbau gunga menghentikan roda jika dirasa permainan sudah kacau dan membahayakan.

Instrumen lain berupa bateria turut menyemarakkan acara roda. Sama dengan kehidupan, ia memberi nuansa meriah yang menumbuhkan energi positip bagi semua.

Saling pengertian ditunjukkan lewat tepuk tangan pembentuk lingkaran roda. Mereka memberi semangat dan dukungan buat dua petarung di dalam roda.

RODA SEBAGAI PERSAHABATAN

Tidak ada istilah menang dan kalah dalam roda. Memang kemahiran teknik bercapoeira dipertontonkan. Lebih dari itu, roda menjadi ajang pertemuan orang orang dari beragam karakter. Mereka saling sapa sekaligus berbagi kelebihan.

Bagaimana dengan pendapat Anda?

_________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA

No comments:

Post a Comment