Monday 17 June 2013

CHAMADA: Panggilan Jebakan

Chamada (panggilan) merupakan ritual sub game dalam roda Capoeira Angola. Selama chamada, seorang pemain menghentikan sejenak permainan yang melambangkan ia memanggil lawan mainnya.

Ada berbagai tipe chamada;yang biasanya si pemain mengundang dengan mengangkat dan merentangkan satu atau dua tangannya dan lainnya mendekati dan menyentuh tubuh si pemanggil. Chamada dilakukan sebagai cara seorang pemain guna mencari posisi baru atau mengetes kemampuan lawannya. 

Beberapa langkah ke depan dan belakang ketika dua pemain kontak tubuh dan tangan selesai setelah satu atau dua pemain melakukan gerakan serangan atau salah satunya membuat tanda 'selesai'.

MAKNA CHAMADA

Terdapat kerancuan tentang makna chamada dalam roda. Anggapan umum, chamada dilakukan untuk istirahat atau mengambil napas. Yang lebih tepat, chamada merupakan kesempatan "MENGETES KECERMATAN LAWAN" dan "PENJEBAKAN". Dalam roda capoeira, chamada merupakan TRADISI yang tidak memiliki aturan main. Saat awal, pertengahan, akhir chamada seorang pemain yang dipanggil harus bersiap dan sigap berjaga jaga kalau kalau lawannya menyerang/mengetes.

'Tunjukkan padaku kau masih mampu bergerak melanjutkan permainan setelah kuserang!' Begitulah metafora kalimat yang seakan diberikan pada pemanggil chamada.

Selain sebagai tes kecermatan dan penjebakan, chamada juga digunakan untuk mengatur ulang ritme permain menjadi lebih agresif.


Sobat Satu Capoeira sudah pernah mempraktikan chamada waktu roda? Sila dibagi pengalaman Anda, ya. Obrigado!

_____________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Gelanggang Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    :
Danu, 08986642692
BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA


No comments:

Post a Comment