Wednesday 26 June 2013

GERAKAN UTAMA CAPOEIRA (Bagian #1)

Selamat siang, Sobat Satu Capoeira. Tentu kita fasih melakukan gerakan gerakan dalam capoeira, namun pernahkah kita mendefinisikan secara tepat tentang gerakan itu? Maksud awak redaksi, jika kita diminta untuk menuliskan secara kalimat, apakah gerakan capoeira, bisakah kita menjelaskannya?

Baiklah, awak redaksi akan menjabarkan macam macam gerakan. Sila disimak, ya. Terbuka untuk masukan dari Anda.

1. GINGA

Diucapkan dengan "JINGA". Gerakan paling dasar pada capoeira. Dilakukan dengan bergerang mundur dan maju membentuk formasi triangular dengan kedua paha selebar bahu. Kedua tangan bergerak mengikuti badan dan memproteksi bagian yang terbuka untuk diserang; kepala dan badan. 



Pada capoeira Angola, ginga lebih individualistik. Regional, ginga lebih terdefinisi secara jelas dan terstruktur. Namun semua itu tergantung gaya masing masing capoeirista dalam berginga. Fungsi ginga sebagai pentransfer gerakan berikutnya baik menyerang maupun bertahan.

 



2. Aú

 
Aú dikenal sebagai gerakan meroda sama seperti di senam atau martial arts yang lain. Pada capoeira, gerakan ini lebih lambat atau lembut tepatnya dengan lengan tangan dan kaki menjaga dari serangan maupun tendangan. Dari Aú, pemain dapat melakukan tendangan balasan. Saat Aú dilakukan, sangatlah penting pemain untuk terus menatap mata lawan. Kesiagaan harus dijaga jangan sampai Aú malah jadi gerakan antiklimaks kita.

------------------------------------------------------
Sila cek contoh gerakan di:

Ginga: http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=jaEUPeL6izk

Aú : http://www.youtube.com/watch?v=RU_IRYN8lnQ&feature=player_embedded

No comments:

Post a Comment