Monday 17 June 2013

RIO DE JANEIRO CARNIVAL ~Festival Jalanan Terbesar di Dunia~

Jangan pernah berhenti bermimpi untuk turut serta di kemeriahan Karnaval Rio de Janeiro. Pencinta budaya Brazil akan sah jika andil lebur di festival yang banyak orang mengakuinya sebagai karnaval terheboh sejagad karena dalam sehari perhelatan bisa mencapai dua juta orang tumpah ruah.

Kali pertama diadakan pada 1723, perayaan ini menampilkan musik, parade, dan pentas seni yang memukau. Karnaval ini ditetapkan oleh Negeri Brazil sebagai hari libur nasional yang berlangsung empat hari berturut turut. Namun warga Brazil menambahnya menjadi sepuluh hari non stop. Hebat bukan?

SEJARAH KARNAVAL

Negara negara yang terkolonisasi oleh bangsa Eropa mengadopsi banyak budaya tak terkecuali Brazil yang diduduki Portugal. Brazil yang terpengaruh kuat oleh kebudayaan Afrika yang dibawa oleh para budak memberikan warna tersendiri pada perayaan Karnaval Rio de Janeiro. Samba, yang riuh dalam dansa dan musik, ditampilkan meriah.

Masih menjadi perdebatan oleh ahli sejarah perihal kapan kali pertama Karnaval Rio berlangsung. Sebagian mengatakan tahun 1723 saat imigran Portugal masuk ke Brazil dan mengenalkan Entrudo, waktu orang orang turun ke jalan saling menyemprotkan air dan lime. Pada pertengahan abad 19, seorang pembuat sepatu asal Portugal mengenalkan konsep parade di jalanan yang memainkan instrumen musik. Antara 1850 dan 1870, selebrasi menjadi lebih terstruktur dan kostum partisipan lebih berwarna dan bervariasi. Awal 1900an karnaval ini berubah dikompetisikan meliputi berbagai penampilan seni.

Sampai sekarang bisa kita simak betapa Karnaval Rio de Janeiro sangat menginspirasi banyak orang di berbagai belahan dunia yang hadir di Brazil.
_________________________________________
CAPOEIRA SENZALA INDONESIA - YOGYAKARTA
Latihan rutin: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 16.30 WIB

Tempat             : Taman Budaya Yogyakarta (TBY), samping Shopping Book Center
Instrutor          : Loepiece Oktavian
Pendaftaran    : 
Danu, 08986642692

BERGABUNG dengan KAMI! KITA BERCAPOEIRA BERSAMA


No comments:

Post a Comment